Kunjungan ke Pesantren Darush Sholihin

Daftar Isi

Jumat 21 Oktober 2022 Pesantren Ar Rasyid Wonogiri melakukan kunjungan ke pesantren Darush Sholihin di Gunung Kidul. Pesantren tersebut dibina oleh Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal, S.T., M.Sc. Beliau merupakan seorang Dai yang aktif berdakwah di sosial media, diantaranya website beliau yaitu Rumaysho.com merupakan salah satu website muslim yang paling dicari di Indonesia, jumlah rata-rata pengunjungnya mencapai 90 ribu per hari, YouTube, Instagram, Facebook pun juga aktif membagikan konten-konten dakwah Islam.

Kemudian kita kemarin berkesempatan untuk banyak bertanya tentang website yang beliau kelola bersama timnya dan juga bagaimana perkembangan Pesantren Darus Sholihin yang beliau bina. Banyak faedah yang kita dapatkan ketika kunjungan tersebut, dan kita mengatakan bahwa beliau adalah seorang da'i yang membahana di dunia maya dan tertancap kuat di negeri sendiri. Itu dikarenakan beliau fokus dalam mendidik generasi muda lingkungan sekitar untuk bisa belajar agama. Model pesantren yang beliau bina adalah model pesantren kalong, yang mana santri-santrinya belajar di sekolah umum, kemudian di waktu-waktu tertentu menginap di pesantren untuk belajar agama. Dan beliau hanya menerima santri dari warga beliau sendiri. Bahkan tim beliau diantaranya multimedia, kebersihan, pembangunan semua memberdayakan masyarakat sekitar. Hal itu dilakukan lantaran beliau ingin membangun masyarakat Islami dimulai dari lingkungan beliau sendiri.

Beliau mengatakan, seringkali adanya pondok pesantren di suatu wilayah tidak memberikan warna pada wilayah tersebut, banyak santri-santrinya yang berasal dari berbagai daerah akan tetapi sedikit santri yang berasal dari wilayah itu sendiri dan kurangnya interaksi antara pesantren dengan warga masyarakat juga menjadikan lingkungan pondok pesantren di wilayah tersebut tidak terwarnai. Oleh karenanya beliau bertekad untuk membangun generasi Islami dimulai dari lingkungan beliau sendiri.

Nama Beliau juga sudah dikenal di dunia maya karena beliau sudah mulai aktif menulis di website Rumaysho sejak 2008. Hingga sekarang artikel yang beliau tulis di website tersebut sudah mencapai 5 ribuan . Hal tersebut dikarenakan beliau konsisten dalam menulis dan membagikan konten dakwah Islam di dunia maya.

Dan diantara pelajaran yang kita ambil saat kunjungan ke Pesantren Darus Sholihin tersebut adalah, adanya pondok pesantren di suatu wilayah harus bisa mewarnai dan memberikan pengaruh positif kepada wilayah tersebut, serta untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap pesantren, maka pesantren harus konsisten dalam membuat kegiatan positif yang dipublikasikan dan dibagikan, baik di dunia maya maupun lingkungan setempat.

Kami berharap mudah-mudahan Pesantren Ar Rasyid Wonogiri menjadi salah satu pesantren unggulan yang selalu konsisten dalam mencetak dan melahirkan generasi-generasi rabbani dan juga bermanfaat bagi masyarakat.

Aamiin ya rabbal alamin

Penulis:
Ustadz Ibnu Rizqullah
حَفِظَهُ اللهُ

Posting Komentar