Bagaimana Kriteria Memilih Pondok Pesantren Yang Baik Untuk Anak?

Daftar Isi

Alhamdulillah, puji syukur semoga selalu kita panjatkan kehadirat Allah ﷻ karena berkat limpahan karunianya, kita melihat hingga sekarang ini banyak lembaga pendidikan yang berbasis pondok pesantren yang marak berdiri, baik di kota maupun di desa. Semua ini tak luput karena kenikmatan yang Allah berikan kepada kita kaum muslimin, kemudian dengan sebab para asatidzah yang berjuang dalam menyebarkan agama ini, serta muhsinin yang selalu istiqomah dalam mengorbankan harta mereka untuk islam.

Akan tetapi karena saking maraknya lembaga pendidikan yang mulai menjamur di berbagai daerah, dan program unggulan yang menjadi daya tarik dari masing-masing pondok pesantren, menjadikan masyarakat yang semangat dalam memasukkan anaknya untuk belajar disana seringkali bingung dalam menentukan pilihannya. Oleh karenanya kami ingin membahas secara ringkas, bagaimana memilih kriteria pondok pesantren yang baik untuk anak kita:

1. Melihat kepada aqidah yang diajarkan

Ini adalah hal utama yang harus diperhatikan dalam memilihkan pondok untuk anak, jangan sampai kita memasukkan anak ke dalam pondok pesantren yang disana mengajarkan aqidah yang bertentangan dengan ahlus sunnah wal jama’ah. Hal ini karena kita melihat ironi di sebagian pondok pesantren yang ternyata diajarkan nikah muth’ah, bolehnya campur baur laki-laki dan perempuan, atau sebagian lain yang membolehkan merokok, wal ‘iyyadzubillah. Dan pondok pesantren yang mengajarkan aqidah yang benar adalah pondok pesantren yang menggunakan metode pemahaman salaf. Hal ini karena pemahaman salaf sangat menjaga terhadap kemurnian Islam, sehingga aqidah, akhlak dan adab akan diajarkan sesuai dengan prinsip pemahaman ini.

2. Memperhatikan kemampuan keuangan

Di zaman sekarang begitu banyak pondok gratis maupun yang memberikan keringanan biaya bagi para santrinya, hal ini tentu saja sangat membantu orang tua ketika dalam masa pendidikan anaknya, sehingga orang tua bisa mengatur keuangannya, dan kebutuhan lain yang penting di keluarga bisa tercukupi.

Adapun apabila keuangan sangat baik, maka ini bukan persoalan ketika ingin mencari pondok pesantren terbaik untuk anak.

3. Melihat kepada kemampuan dan minat anak

Hal ini tentu saja menjadi pertimbangan sebelum menentukan pondok pesantren untuk anak, karena masing-masing lembaga pendidikan tentu memiliki kurikulum yang menjadi program unggulan mereka, ada yang program unggulannya hafalan Quran, ada yang berbahasa Arab aktif, ada yang kegiatan ekstra kurikulernya banyak. Hal ini musti menjadi bahan pertimbangan sebelum memasukkan anak ke dalam ponpes, sehingga kita harus tahu kemampuan anak dan minat mereka, baik dengan pengamatan maupun berdiskusi bersama mereka.

4. Melihat kondisi lingkungan pondok

Kenyamanan dalam belajar, tentu menjadi prioritas anak dalam belajar. Maka hal yang perlu diperhatikan ketika memilih pondok pesantren adalah melihat kebersihan pondok, kemudian kelayakan kondisi asrama, serta kamar mandi yang bersih dan mencukupi.

Kenapa memperhatikan hal-hal tersebut? Karena kondisi lingkungan pondok yang bersih, layak dan nyaman akan berpengaruh kepada kesehatan anak, sehingga penting bagi orang tua untuk merperhatikan hal-hal tersebut.


Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilihkan pondok pesantren yang baik untuk anak, mudah-mudahan niat orang tua/wali yang ingin memasukkan anaknya ke dalam pondok pesantren di mudahkan Allah ﷻ, dan bagi orang tua/wali yang ingin mencari informasi penerimaan santri dan santriwati baru di Markaz Aitam Ar-Rasyid, bisa mengeklik tautan ini.

Penulis:
Ustadz Ibnu Rizqululloh
حَفِظَهُ اللهُ

Posting Komentar