Warning..!!

Daftar Isi

Assalamualaikum ukhty... Kaifa Haal...? Bii Khaiir...? Semoga Allah selalu melindungi.. Kali ini kita akan sedikit membahas Pakaian ya Ukh..

“Kenapa harus pakaian sih? Kan kita juga tiap hari makek.. kenapa gak yang lain aja..?!”

Eeiittss... tenang dulu ukhty, justru karena dianggap sepele terkadang kita melupa bagaimana seharusnya berpakaian yang syar’i.

Ukhty sekalian tahu kan dizaman kita saat ini ada banyak sekali pakaian yang di design dengan segala bentuk, bahkan sudah tidak jarang lagi kita melihat bahwasanya banyak pakaian-pakaian yang yaaahhh mungkin bisa dikatakan “Kurang bahan”.. iya kan ukh..?!

Karena itu ukh.. penting banget buat kita ini sesama perempuan untuk saling mengingatkan.

“Mmm gitu ya.. bener juga sih..! Memang berpakaian yang sesuai aturan Syar’i tu gaimana sih..?”

Nah pertanyaan pas banget tuh ukh..

Yang pertama :

Harus menutup seluruh tubuh.

Ukhty muslimah sekalian ketahuilah para ulama telah bersepakat bahwasanya diwajibkan bagi kita semua kaum hawa untuk menutup seluruh tubuh kita.. sebagaimana dengan firman Allah dalam kitab suci Al-Qur’an disurah Al-Ahzab ayat 59 yang artinya :

“Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin agar mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Dan masih banyak juga dalil-dalil lain yang membahas tentang wajibnya bagi perempuan untuk menutup seluruh tubuh. Hanya saja ukh... masih diperselisihkan tentang wajah dan telapak tangan.

Sebagian ulama berpendapat bahwa wanita boleh menampakkan wajahnya dan telapak tangannya.. Namun sebagian ulama juga berpendapat bahwa wanita diwajibkan untuk menutup wajah dan telapak tangannya.

Ukhty muslimah .. masing-masing dari dua pendapat ini memiliki dalil yang sama sama kuat. Para ulama telah mendiskusikan hal ini dengan mendasarkan dalil-dalil yang lainnya..

Jika ukthy sekalian ingin mengetahui lebih dalam lagi tentang mengenakan cadar, ukhty sekalian bisa mempelajarinya lebih dalam dengan menonton channel-channel youtube ustadz-ustadz Sunnah tentunya, mengikuti kajian-kajiannya juga yang insyaAllah dapat menjawab semua pertanyaan-pertanyaan ukhty sekalian..

Nah.. yang kedua nih Ukh..

Tidak boleh bertabarruj.

“Lah.. tabarruj itu apa..? kayak asing benget dengernya..”

Mmm gini ukh.. Tabarruj itu tindakan perempuan yang menampakkan perhiasannya, kecantikannya, dan apa saja yang seharusnya ditutupi, yang membangkitkan syahwat kaum laki-laki. Nah kan kita mengenakan hijab untuk menutupi perhiasan kita ukh.. kan tidak masuk akal apabila kita menjadikan jilbab itu sendiri diperindah dan dijadikan perhiasan agar terlihat mencolok.

Yang ketiga..

Pakaian itu harus tebal, tidak terawang.

Nahh.. udah jelas kan ukh, kita sebagai perempuan tidak diperbolehkan mengenakan pakaian tipis yang bisa menampakkan bagian tubuh kita. Perempuan yang mengenakan pakaian yang tipis yang menampakkan bagian tubuhnya disebut dengan “berpakaian tapi telanjang”.

Keempat..

Pakaian itu harus longgar, Tidak sempit (Ketat).

Ukhty muslimah..

Dizaman kita saat ini tidak cukup hanya sekedar degan menutupi rambut dan leher kita, lalu mengenakan pakaian yang ketat..!! Ketahuilah .. bahwasanya islam sangat menyayangi kita kaum hawa.. karenanya sempurnakanlah pakaian kita sebagaimana yang seharusnya..

Kelima..

Pakaian itu tidak menyerupai laki-laki dan tidak pula menyerupai pakaian wanita kafir.

“Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam melaknat para laki-laki yang menyerupai kaum wanita, dan juga para wanita yang menyerupai laki-laki.”

Kita sebagai muslimah yang taat kepada Allah Ta’ala seharusnya mencontoh bagaimana para shahabiah terdahulu, bukan mencontoh para wanita kafir dengan cara berpakaian mereka, gaya mereka, atau bahkan ada yang mengikuti trend-trend yang membuka aurat... Na’udzubillah.

Keenam..

Tidak memakai wewangian dihadapan kaum adam

Nah ini nih yang sering banget di sepelein ukh.. Terkadang diluaran sana kita sering kali melihat ada yang sengaja mengenakan wewangian agar dapat memikat perhatian.. STOP..!! jauhi hal ini ya ukh.. sebab Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda :

“Siapa saja perempuan yang memakai minyak wangi lalu dia melewati kerumunan agar mereka mencium baunya, maka dia adalah wanita pezina (pelacur) ”

Serem banget kan ukh.. perumpaannya itu seperti wanita pezina.. Na’udzubillah.

Penulis:
Fillyputri (Mahasantriwati Masyid)

Posting Komentar