Insecure

Daftar Isi

"Mengapa kau begitu jelek haa??", "Mengapa kau bodoh sekali sih?","Kenapa kau tak bisa seperti teman-temanmu?", "Apa kau ini manusia haa??", "Apa kau ini layak hidup haahh???". Ucapan wajib yang kukatakan pada diriku tiap kali aku bercermin.

Kurasa, hal tersebut sudah kulakukan sejak aku masih kecil, entah aku tak tau dari mana semuanya berawal, tapi saat aku tak melakukannya diriku merasa ada yang kurang saat bercermin.

Saat aku mengucapkan pertanyaan-pertanyaan itu pada diriku sendiri ketika bercermin aku hanya merasakan satu hal dan satu pertanyaan dalam benakku yang muncul, yaitu "kenapa aku tidak bisa seperti yang lain?".

Pertanyaan dalam benakku itu terus muncul dan aku tidak pernah bisa menjawabnya. Aku hanya merasa bahwa pertanyaan itu suatu realita yang aku alami, karena nyatanya aku selalu memandang diriku ini tidak lebih baik dari orang lain, bahkan sedikit pun. Aku selalu memandang orang lain tak terkecuali teman-temanku itu sangat cantik, pintar, berbakat, pokoknya mereka itu bisa dikatakan 'perfect' menurut pandanganku.

Dan sebaliknya aku sendiri memandang diriku tidak akan pernah bisa melebihi orang lain maupun teman-temanku, aku merasa diriku ini lebih rendah tingkatannya dari mereka. Entah itu dari tingkat kecantikan, kecerdasan, bakat yang kumiliki dan hampir dalam segala hal yang dilakukan dalam hidup ini.

Aku menjalani hidupku dengan mindset yang demikian selama kurang lebih 20 tahun. Tapi ingat ya meskipun aku punya "mindset" yang seperti itu tapi aku tetap bersosialisasi layaknya manusia normal.

Hanya saja yang membuat ku berbeda dari kebanyakan orang adalah aku tidak pernah mencoba hal-hal yang baru maupun melakukan hal yang dilakukan teman-temanku.

Yaah, alasannya adalah aku merasa aku tidak akan bisa melakukannya dengan baik jadi untuk apa aku mencobanya ya kan ?. Pikiranku selalu seperti itu saat aku akan mencoba sesuatu hal yang baru.

Dan sekarang aku berusaha supaya aku bisa menjadi diriku sendiri…

SEKIAN

Penulis:
Kuni Zakiah

Posting Komentar